SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN
SMK Pangudi Luhur Muntilan - Jl. Kartini No.2 Muntilan  Telp/Fax. 0293-587867
Rabu, 13 Desember 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


07.04.2016 19:07:28 434x dibaca.
BERITA
KEMAH KUKU GAJAH CANDI PALU

 

upacara persiapan

pendirian tenda

Tanggal 17-19 Maret 2016 telah diadakan perkemahan dan penjelajahan “Kuku Gajah Candi Palu”. Itu kepanjangan dari Kuatkan Kultur Jelajah Candi Pangudi Luhur. Maknanya adalah dengan kegiatan ini kita bertujuan untuk menguatkan cinta kita pada budaya nenek moyang  yang telah membuat candi candi yang bagus dan bernilai budaya tinggi. Penentuan tanggal ini sekaligus mengisi waktu setelah mereka melaksanakan ulangan mid semester dan bertepatan dengan kelas XII yang sedang melaksanakan ujian sekolah.

Dalam penjelajahan itu para siswa diajak untuk menjelajahi dan mengenal candi, yaitu candi Wukir di kecamatan Ngluwar, candi Losari di kecamatan Salam dan candi Ngawen di kecamatan Muntilan. Perjalanan penjelajahan ini kira kira 35 km jauhnya.

Dalam penjelajahan ini siswa dilatih untuk survival juga. Tanpa membawa bekal dalam perjalanan namun mereka bertahan. Bagaimana para siswa untuk mempertahankan diri dengan tidak boleh mencuri. Dalam perjalanan ini bila memang siswa akan meminta orang sesuatu dengan sopan dan baik baik diperbolehkan. Dan ini dilatih melakukan kejujuran dalam mengisi hidup ini. Dalam penjelajahan dan survival ini para siswa dikenalkan dengan budaya nenek moyang dengan ada minuman jahe dan juga yang rasanya tidak enak umpamanya minum brotowali. Dan nenek moyang sangat mengetahui kasiat dari jamu ini walaupun rasanya pahit.

Kemah ini juga merupakan pemenuhan beban Syarat Kecakapan Umum untuk menjadi pramuka golongan Penegak Bantara. Diharapkan pada kelas X para siswa telah memasuki Penegak Bantara, dan di kelas XI diharapkan para siswa bisa mencapai Penegak Laksana.

Di dalam penejelajahan ini mereka membawa tandu. Pada tandu itu salah satu unsurnya membawa cikal. Ini adalah cikal kelapa sebagai lambang pandu pramuka. Selain itu pada tandu ada foto foto pahlawan nasional. Gambar dan kelapa ini harus dibawa dan dipertahankan dari keberangkatan sampai pulang. Kesulitan apapun barang barang itu harus utuh sampai di rumah. Ini akan melatih siswa untuk mempertahankan prinsip dan penghormatan kepada para tokoh pejuang Negara ini.

Tiap sangga terdiri dari 8 sampai 10 siswa. Mereka berjalan berkumpul dan diharapkan saling menjaga anggotanya. Diharapkan ada solidaritas dengan teman seperjalanan. Saling tolong menolong. Untuk memupuk cinta kepada budaya dan perjuangan nenek moyang maka dalam setiap sangga dua orang memakai pakaian polisi, dua orang memakai pakaian tentara dan dua orang memakai pakaian pejuang rakyat, satu memakai seragam pramuka lengkap dan satu orang memakai pakaian kekhasan pangudi luhur yaitu pellet merah hitam.

Perjalanan dan pejelajahan ini melewati kampung kampung. Sambil promosi dan pengenalan akan SMK Pangudi Luhur di tengah masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini banyak murid SMP sekurang kurangnya mengenal SMK Pangudi Luhur.    Salam Pramuka   oleh  Kak  Yatin








^:^ : IP 54.221.73.186 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN
 © 2017  http://smkpangudiluhur-mtl.sch.id/